headline photo

Sumber Penghasilan Yang Bisa Diraih Dari Blog

Saturday, May 15, 2010

Sumber Penghasilan Yang Bisa Diraih Dari Blog

Dunia internet itu selalu tanpa batas, Banyak sesuatu yang sepertinya tidak mungkin, tapi kenyataannya bisa terjadi.

Contohnya saja ngeblog, masa iya sih Cuma ngeblog kita bisa dapet duit? Iya…

Banyak sumber penghasilan yang bisa kita raih dari sebuah blog. Berikut beberapa sumber penghasilan tersebut:

  1. Iklan
    Program yang satu ini mungkin yang paling umum dan paling banyak dilakukan orang. Dan tidak sedikit juga blogger Indonesia yang sudah mendapat jutaan rupiah per bulannya. Program iklan yang paling banyak dipakai seperti Google Adsense, WidgetBucks, dan Text Link Ads. Program Iklan lokal Indonesia seperti: kumpulblogger, negeriads, adsensecamp, ppcindo, iklanperklik, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Iklan Langsung
    Kita pun dapat menambah penghasilan kita lewat pemasangan iklan langsung, tanpa perantara. Mencari seseorang, lembaga ataupun perusahaan yang mau beriklan di blog kita. Dan tentunya blog kita harus mempunyai traffic yang tinggi untuk bisa memancing orang lain supaya tertarik untuk memasang iklan.
  3. Affiliate Program
    Banyak sekali affiliate program yang bisa kita ikuti. Misalnya seperti 50rebu.com, Mr.ActionClub, RahasiaPanas, AlkinShop, BikinDuit, KayaDariFacebookMarketing. Atau affiliate program luar negeri yang cukup bagus seperti Clickbank, Linkshare, Commission Junction, dan Amazon.
  4. Blog Network
    Bergabung dengan blog network bisa menambah pemasukan kita. Biasanya blog network yang kita ikuti juga akan membagikan penghasilan dari iklan yang diperoleh.
  5. Menjual Blog
    Kita juga bisa buat blog dengan tujuan untuk dijual kembali. Jika blog kita trafficnya sudah tinggi, biasanya banyak yang tertarik membeli. Di luar negeri, hal ini sudah biasa terjadi. Jadi kita tinggal buat blog, kemudian menjualnya dengan harga tinggi. Lalu kita tinggal buat blog baru untuk dikembangkan lagi dan dijual lagi.
  6. Jual merchandise
    Jika blog kita sudah memiliki banyak penggemar,kita bisa meraup lebih banyak uang dengan menjual merchandise bertuliskan blog kita. Misal bentuknya berupa kaos, mug, atau kalender.
  7. Konsultan Blog
    Kita bisa menjadi konsultan bagi orang-orang yang berniat membuat blog.Kita bisa pasang tarif untuk setiap konsultasi. Di luar negeri, profesi konsultan blog ini sudah berkembang pesat. Dan di negeri kita, profesi ini sudah mulai menggeliat. Dengan mulai tumbuhnya blog korporat, Kita pun bisa menyasar perusahaan-perusahan sebagai calon klien anda.
  8. Seminar
    Kita juga bisa buat seminar tentang dunia blog. Atau temanya spesifik seperti blog yang anda punya. Ini salah satu cara untuk meraup lebih banyak lagi uang masuk ke kantong kita.
  9. Bisnis Menulis Blog
    Karena isi blog terutama tulisan, ini juga bisa kita jadikan peluang sumber penghasilan. Kita bisa tawarkan diri untuk mengisi blog-blog orang lain.
  10. Menulis di Media Massa
    Bukan hanya menulis di blog sendiri atau blog orang lain, kita pun bisa menulis di media konvensional seperti koran atau majalah. Kita bisa cantumkan profesi sebagai blogger. Kita juga bisa membuat buku tentang dunia blog atau tema lainnya. Selain aliran uang makin deras, nama kita juga akan makin terkenal.

Itu baru beberapanya saja, masih banyak sumber penghasilan lainnya yang bisa dikembangkan dari blog. Mungkin ada yang mau menambahkan sumber penghasilan yang lainnya?

Referensi: Jokosusilo.com


Bookmark and Share

4 comments:

Anonymous said...

Thanks atas infonya. Ebook anda linknya kok eror saya mau download tapi g bisa

sunardi said...

@Raditya Wirayoga: trims infonya mas, saya akan segera cek!!!

radityawirayoga said...

Trims atas Ebook nya !!!!!!!!!!

template Anda Hampir mirip dengan facebook terutama di bagian header

Anonymous said...

apa yang saya cari, terima kasih