headline photo

Arti Kata Qur’an dan apa yang dimaksud dengan Al Qur’an

Tuesday, May 4, 2010

Arti Kata Qur’an dan apa yang dimaksud dengan Al Qur’an

“Qur’an” menurut pendapat yang paling kuat seperti yang dikemukakan Dr. Subhi Al Salih berarti “bacaan”, asal kata qaraa. Kata Al Qur’an itu berbentuk masdar dengan arti isim maf’ul yaitu maqru (dibaca).

Di dalam Al Qur’an sendiri ada pemakaian kata “Qur’an” dalam arti demikian sebagai tersebut dalam ayat 17, 18 surat (75) Al Qiyaamah:

Inna alainaa jam’ahuu waqur’aanahuu. Faaidzaa qoro’naahu faattabi’ qur’aanahuu.

Artinya:

“Sesungguhnya mengumpulkan Al Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu), jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti bacaannya.”

Kemudian dipakai kata “Qur’an” itu untuk Al Qur’an yang dikenal sekarang ini. Adapun definisi Al Qur’an ialah: “Kalam Allah SWT yang merupakan mu’jizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW dan yang ditulis di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah”.

Dengan definisi ini, Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi-nabi selain Nabi Muhammad SAW, tidak dinamakan Al Qur’an, seperti Tauret yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., atau Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s.



Bookmark and Share


2 comments:

Sekedar Ngeblog said...

Assalaamu'alaikum wwb,
Kunjungan persahabatan, dan terus maju pantang mundur....

sunardi said...

@sekedar ngeblog: thanks mas udah mampir...